Jumat, 16 November 2012

Content manajement system(CMS)


Sistem manajemen konten (Inggris: content management System, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:
  • aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
  • aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).
Elemen CMA memperbolehkan si manajer yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language), untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster.
Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut.

Singkatnya begini:
Content manajement system adalah perangkat lunak yang dapat membantu kita untuk mempermudah pembuatan website.
kenapa mempermudah ?
karena dengan cms sesorang yang tidak memiliki keahlian dalam pemrograman web, dapat dengan mudah membuat sebuah website.

sepengetahuan saya cms memiliki dua tampilan antarmuka, yaitu antarmuka  pengunjung dan antar muka administrator(admin).

  • antarmuka admin: antar muka admin memiliki fasilitas untuk mempublish content, mengubah tampilan website dan masih banyak lagi. untuk masuk kehalaman admin biasanya kita harus login terlebih dahulu
  • antarmuka pengunjung : antar muka pengunjung tidak  memiliki fasilitas layaknya seorang admin. seorang pengunjung hanya dapat melihat-lihat isi website, memberi masukan tanpa menambah, merubah,menghapus content dan tampilan website.
beberapa contoh cms 
  • joomla: menurut pengalaman saya jomla adalah salah satu cms yang banyak digunakan, joomla sangat powerfull, tampilan admin joomla untuk pengguna awam mungkin agak sedikit membingungkan, karena banyak sekali panel-panel. namun apabila anda sudah terbiasa anda akan malah berfikir sebaliknya, disinilah salah satu kekuatan joomla. dengan banyaknya panel-panel menjadikan joomla sangat fleksibel untuk digunakanan.apa bila berminat atau penasaran dengan joomla langsung saja ke TKP.
  • wordpress: wordpress adalah salah satu cms yang banyak digunakan, tampilan admin wordpress sangat sederhana yang memudahkan pengguna. apa bila berminat atau penasaran dengan wordpress langsung saja ke TKP..

sekian, itu adalah pengetahuan tentang cms yang saya miliki
semoga bermanfaat.


referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_konten

0 komentar :

Posting Komentar